--> Skip to main content

Bengkel las listrik desain pagar pintu minimalis 2022

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda saat mendengar kata pagar? Tinggi, kokoh, pengaman, pembatas, besi, … hm atau yang lainnya? Definisinya adalah suatu struktur yang dirancang untuk membatasi atau mencegah gerakan yang sekiranya akan melintasi batas yang telah ditentukan. Pagar digunakan untuk membatasi (mengelilingi, menyekat) pekarangan, tanah, rumah, kebun, atau apapun dari hal-hal yang tidak diinginkan. Umumnya terbuat dari besi, kawat, kayu, batu, atau seng. 

Bengkel las listrik desain pagar pintu minimalis 2022

Bengkel las listrik desain pagar pintu minimalis 2022
 
Lalu, mengapa kita harus menggunakannya?

Untuk Anda ketahui, struktur ini memiliki beberapa kegunaan, misalnya jika untuk kegunaan pribadi, ia berfungsi untuk membatasi antara mana ruang publik dan mana ruang privasi; lalu di bidang peternakan, ia berfungsi untuk melindungi hewan ternak dari pemangsa; ada juga yang digunakan sementara untuk memberikan keselamatan dan keamanan publik pada suatu situs konstruksi; selanjutnya ada juga untuk pengaman yang digunakan untuk menghindari pelanggar batas/pencuri dan juga dapat berguna untuk mencegah anak-anak dan hewan peliharaan untuk lari; dan ada juga yang berguna untuk hiasan yang mempercantik tampilan rumah, taman, atau lainnya.

Dilihat dari fungsi fisik: dapat berperan sebagai pembatas kepemilikan suatu lahan atau barang. Jika di dalam sebuah rumah, maka gunanya untuk membatasi mana area yang menjadi ruang pribadi maupun publik. Selain area, benda yang tercakup di dalamnya juga menjadi hak kepemilikan, misalnya meja, kursi taman, tanaman buah, tanaman hias, dan masih banyak lainnya. Lahan/tanah kosong yang Anda beli pun harus dilindungi dan dibatasi.

Hal ini bertujuan untuk menegaskan bahwa lahan tersebut sudah ada hak kepemilikannya sehingga mencegah munculnya permukiman liar atau bangunan liar. Lalu, jika dilihat dari fungsi psikis: dapat menimbulkan rasa aman dan tenang bagi penggunanya. Orang yang menggunakannya baik di rumah, peternakan, perkebunan, atau di lahan/tanah miliknya akan lebih merasa terjaga dari gangguan orang atau benda asing yang akan memasuki wilayah.

Dengan memasangnya, para pemilik lahan tidak akan waswas dan dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik tanpa merasa takut. Nah, banyak sekali kegunaannya, bukan? Jadi, tidak usah ragu lagi untuk membuat dan memesan pagar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk mempertimbangkan ukuran dan modelnya dengan lahan/bangunan yang mau Anda batasi. Nah, sekarang hal-hal apa saja yang harus kita pertimbangkan sebelum menentukan desain pagar rumah:

1. Sesuaikan desain pagar rumah dengan desain rumah: rumah bergaya country, rumah modern minimalis, rumah klasik, rumah mediterania, atau lainnya. Misalnya untuk rumah modern minimalis, maka sebaiknya desain pagar rumah pun bergaya minimalis. Seperti apa desain pagar rumah minimalis? Biasanya desain pagar rumah minimalis adalah menggunakan bentuk-bentuk yang simple, sederhana dan tanpa banya permainan bentuk/motif. Selain itu, pagar rumah minimalis biasanya mengunakan bahan dasar dari besi/baja.

2. Perhatikan ukuran rumah dan jarak antara pagar rumah dengan bangunan utama. Pilih pagar rumah yang tidak terlalu besar/tinggi, dengan tinggi tidak lebih dari 1.2 meter, dengan bentuk ramping dan sederhana untuk rumah-rumah mungil. Hal ini untuk menjaga agar ukuran pagar rumah tetap proporsional dengan desain rumah secara keseluruhan. Sementara untuk rumah berukuran besar, penggunaan pagar tinggi, besar dan gagah tetap sesuai. Namun satu hal lagi, kita juga harus perhatikan kondisi lingkungan perumahan, jika berada dilingkungan perumahan elite, desain pagar rumah yang mewah dan mahal pun akan tetap terlihat sesuai.

3. Pilih material pagar rumah yang sesuai dengan desain rumah secara keseluruhan. Kita bisa menggunakan kayu, batu hias, atau besi cor, besi hollow, baja ringan, dan stainless sebagai material pagar rumah. Jadi, jika Anda sedang mencari desain pagar rumah minimalis ataupun klasik untuk mempercantik tampilan rumah Anda, silahkan hubungi Baja Konstruksi untuk mendapatkan harga terbaik dari kami. Hubungi