--> Skip to main content

Ini Dia Jenis dan Fungsi Dari Grill Besi yang Wajib Anda Ketahui

Apa Itu Grill Besi? Jika anda pergi ke pusat kota yang ramai, apalagi dikawasan kota besar seperti kawasan Jabodetabek dan sekitarnya, anda pasti tidak asing dengan trotoar. Ya, trotoar merupakan jalur khusus untuk para pejalan kaki yang ada di pinggir jalan. Biasanya terdapat saluran air dibawahnya dan terdapat tutup besi dengan lubang di trotoar maupun perbatasan jalan dan trotoar. Tutup besi tersebutlah yang disebut dengan grill besi.

Grill ini tidak hanya terdapat di trotoar maupun perbatasan antara trotoar dan jalan, tetapi terkadang terdapat di tengah atau pinggir jalan. Grill ini dibuat dari besi yang kokoh dengan memiliki ketebalan tertentu. Ukuran grill besi penutup saluran ini biasanya beragam, tergantung pada penempatannya dan biasanya menyesuaikan dengan saluran air dibawahnya.

Jenis Jenis Grill Besi

Walau rata rata memiliki fungsi yang sama, tetapi ternyata grill besi ini dibedakan menjadi beberapa jenis. Pembagian tersebut biasanya berdasarkan letak penempatan dari grill tersebut atau berdasarkan fungsi khususnya. Berikut merupakan penjelasan singkat mengenai beberapa jenis dari grill.

•    Manhole Cover

Jenis grill dari besi pertama adalah manhole cover yang merupakan penutup lubang saluran drainase. Biasanya tampilan dari manhole cover ini adalah berupa besi kokoh yang berbentuk lingkaran dan umumnya tidak berlubang. Grill ini dibuat dari besi kokoh dan dengan ketebalan tertentu agar kuat menahan beban setiap yang lewat di atasnya.

•    Grill Tangkapan Air

Biasanya grill yang satu ini berada di perbatasan antara trotoar dengan jalan, walau ada juga yang berada di jalur pejalan kaki tersebut. Basanya grill ini berbentuk persegi panjang yang berlubang lubang agar bisa dilalui air. Hal ini sesuai dengan fungsinya sebagai salah satu alat untuk drainase pada wilayah yang tidak ada daerah resapan airnya. Harga grill drainase yang satu ini relatif murah karena mempunyai harga di bawah satu juta rupiah.

•    Grill Tanaman

Terkadang terdapat tanaman yang sengaja ditanam di area kota, walau sekitarnya sudah menjadi trotoar atau semacamnya. Hal ini bertujuan sebagai tempat berteduh dan penyejuk serta untuk mengurangi efek dari polusi. Nah, grill yang satu ini biasanya terdapat disekitar tanaman untuk melindungi dan menutupi area sekitar tanaman yang berupa tanah. Harga grill besi yang satu ini juga tak berbeda dari grill tangkapan air.

•    Jenis Grill Lainnya

Selan grill yang biasanya dijumpai dijalanan, ternyata masih ada jenis grill lainnya. Contohnya adalah grill besi speaker yang biasanya digunakan untuk melindungi speaker berbentuk besi dengan lubang yang kecil kecil. Harga grill box speaker ini sangatlah murah, karena dipatok harga hanya beberapa ratus ribu saja. Jenis grill lainnya adalah apa yang biasanya disebut dengan teralis, seperti teralis pintu dan cendela.

Apa Saja Fungsi Grill Besi?

Fungsi dari grill besi ada beberapa, sesuai dengan penempatannya, seperti grill besi tangkapan air yang berfungsi sebaga saluran drainase. Hal ini karena daerah sekitar grill tidak ada daerah resapan air, sehingga jika hujan akan terjadi genangan air yang mengganggu. Oleh sebab itu, dibutuhkan grill untuk saluran drainase perkotaan. Dengan demikian, genangan air yang biasanya terjadi saat hujan bisa diatasi.

Selain itu, grill ini juga berfungsi agar pejalan kaki yang lewat di atasnya tidak terjerembab dan jatuh akibat adanya lubang saluran air. Dengan demikian membuat pejalan kaki merasa lebih nyaman saat berjalan di trotoar. Fungsi lainnya adalah sebagai hiasan kota, karena beberapa grill bisa dibuat dengan bentuk unik dan menarik. Walau demikian tidak menghilangkan fungsi utama dari grill tersebut.

Dengan adanya grill, lingkungan bisa lebih nyaman karena tidak ada lagi genangan air dan semacamnya. Apalagi jika mempunyai bentuk yang tidak biasa, pasti akan mengundang daya tarik banyak orang. Dan dengan demikian selesai sudah pembahasan singkat mengenai jenis dan juga fungsi dari grill besi.

Contoh Grill Besi



Jika anda membutuhkan penyedia jasa grill besi terpercaya untuk area Jabodetabek dan sekitarnya, Kreasindo bisa menjadi pilihan yang tepat. Kreasindo merupakan perusahaan las listrik yang terpercaya dan sangat direkomendasikan oleh banyak pengguna jasa. Tidak hanya menerima pesanan di Jabodetabek dan sekitarnya saja, Kreasindo juga menerima pesanan dari seluruh kota – kota besar di Indonesia seperti Bandung dan Jabodetabek.

Lihat Harga: Daftar Grill Besi