--> Skip to main content

5 Tips Penting Menambah Carport Minimalis di Rumah

Jasa Canopy Besi Minimalis - Carport adalah sebuah ruangan terbuka yang berfungsi untuk menyimpan kendaraan dan berada di depan atau samping rumah. Ternyata, carport itu berbeda dengan garasi. Garasi bentuknya lebih tertutup karena dilengkapi sebuah pintu besar.

Secara umum, carport digunakan untuk rumah yang dibangun di atas tanah kecil. Mempertimbangkan luas tanah yang tersedia rasanya kurang jika harus membangun garasi, maka dari itu dibuat carport.

Apakah Anda saat ini sedang berencana membuat sebuah carport? Kalau begitu, silahkan disimak beberapa poin penting di bawah.

Tips Penting Dalam Membangun Carport Minimalis

1.    Ukuran Standar

Agar bisa menentukan luas yang ideal untuk mobil Anda di rumah, berikut ukuran standar sebuah carport:
  • Panjang 5 meter
  • Lebar sekitar 2-3 meter
  • Jarak atap dan lantai dasar 2,5 meter
  • Jarak dinding dengan mobil 1,2 meter
  • Apabila mobil Anda terdiri dari beberapa unit, beri jarak sekitar 50-70 cm di setiap mobil
  • Sisakan lahan antara 80-100 cm
  • Kemiringan lantai -1% sampai -2,5% ke depan

2.    Material Lantai

Setelah menentukan ukuran, sekarang Anda harus memilih material lantai. Pilihlah lantai yang kokoh, karena fungsi carport minimalis adalah menahan benda berat. Beberapa opsi yang ideal sebagai berikut:
  • Lantai Keramik
Material keramik yang cocok untuk carport adalah marmer atau granit, karena permukaan kuat dan tidak licin. Jangan memakai keramik yang biasa digunakan di rumah, karena karakteristiknya kurang pas. Ukuran keramik yang ideal adalah 30x30.  

  • Paving Block
Sifat paving block yang kuat dan padat pas banget untuk menahan beban mobil pada carport. Lantai paving block juga bisa membantu mempertahankan kuantitas air di lingkungan rumah Anda, karena berbentuk bolongan.
Bolongan paving block biasa berisi rerumputan atau tanah berfungsi sebagai jalur resapan air.

  • Batu Alam
Jika kurang berminat dengan keramik dan paving block, Anda bisa menggunakan batu alam sebagai lantai carport. Adapun jenis batu alam yang dipilih sebaiknya batu kali lempeng, andesit, dan salagedeng.

Bebatuan alam tadi warnanya cenderung gelap, sehingga tidak perlu memakai nat yang sama untuk memasangnya. Penggunaan material ini juga bisa menambah kesan natural dan alami pada carport di rumah.

Untuk menghindari lumut yang bisa menyebabkan lantai licin, sebaiknya batu dipoles dengan finishing coating.

3.    Jenis Atap


  • Tenda
Tenda adalah jenis atap yang lebih fleksibel dan cocok untuk carport. Karena bisa ditutup dan dibuka sesuai keinginan, atap tenda membuat carport minimalis semakin elok dipandang.
Jika kendaraan Anda sedang bepergian, tarik atap tenda supaya rumah memperoleh sinat matahari yang baik.

  • Polikarbonat
5 Tips Penting Menambah Carport Minimalis di Rumah

Kelebihan dari atap polikarbonat adalah berbobot ringan dan mudah dipasang, karena ketebalannya hanya 5-6 mm. Cukup memberi sekrup bahan dan sealent pada balok rangka atap.
Pemasangan sealent berguna untuk melindungi atap dari panas, rembasan hujan, dan benturan.

  • Genteng
Alternatif terakhir adalah genteng berbahan tanah liat yang pas digunakan karena mampu menahan air hujan dan sengatan panas matahari dengan sangat baik. Manfaat menggunakan atap genteng adalah membuat area carport terasa lebih sejuk.
Jangan lupa konstruksi kuda-kuda, agar genteng bisa terpasang dengan baik.

4.      Posisi Carport Minimalis

Posisi ideal untuk carport minimalis adalah di tengah-tengah atau bagian samping sesuai desain fasad rumah. Sebisa mungkin keberadaan carport tidak menutup pintu utama.

5.      Letak Talang Air

Perhatikan bagaimana posisi talang air, karena jika salah bisa menggenangi area carport dan membuat bangunanya mudah rusak. Tingkat kemiringan yang ideal sekitar 1-2 derajat.
Yaitu setiap 1 m panjang lantai, permukaan lantainya turun 1 centimeter di saluran pembuangan air.

Harga Canopy Besi Minimalis Murah

Demikianlah sedikit pembahasan tentang lima tips penting dalam membangun carport minimalis, semoga bermanfaat.

Perlu Produk Bengkel Las Listrik

WhatsApp Sekarang SMS Sekarang

Perhatian !!!

[Pahami Cara Order di KREASINDO.ID]