--> Skip to main content

Inilah Kelebihan Penggunaan Struktur Baja untuk Konstruksi Jembatan

Jembatan merupakan salah satu fasilitas publik yang penting. Konstruksi jembatan harus sesuai dengan standar yang ada agar keamanan publik semakin terjaga. Salah satu material penting yang kerap digunakan untuk pembangunan jembatan adalah baja. Baja memiliki beragam keunggulan jika diterapkan pada jembatan.

Inilah Kelebihan Penggunaan Struktur Baja untuk Konstruksi Jembatan

Keunggulan Struktur Baja untuk Pembuatan Jembatan

Baja memang memiliki sifat yang kuat dan tahan terhadap benturan. Maka tidak heran jika bahan tersebut dimanfaatkan sebagai salah satu material jembatan. Inilah beragam keuntungan yang akan diperoleh jika memakai struktur baja tersebut:

1.    Biaya Pemasangan Minim

Keuntungan pertama penggunaan struktur baja untuk jembatan adalah biaya pemasangan rendah. Hal ini disebabkan karena proses pembuatan struktur baja dilakukan dipabrik. Sedangkan saat tahap konstruksi jembatan hanya tinggal pemasangan saja. Ini akan meminimalisir upah tenaga kerja.

Tidak hanya itu, kebutuhan akan baja pun lebih rendah dibandingkan beton. Hal tersebut karena ukurannya yang tidak terlalu besar.

2.    Proses Pembuatan Jembatan Lebih Cepat

Masih berkaitan dengan ulasan sebelumnya, penggunaan material baja untuk konstruksi jembatan juga akan semakin mempercepat proses pembangunan. Pemasangan baja yang cepat dan mudah adalah faktornya.

Semakin cepat proses konstruksi, semakin cepat pula jembatan akan dapat digunakan oleh masyarakat luas.

3.    Kuat dan Mampu Menahan Beban Berat

Penggunaan struktur baja pada jembatan akan semakin memperkokoh bangunan tersebut. Bisa dikatakan jembatan lebih kuat sehingga mampu menahan beban berat di atasnya. Dengan begitu, sekalipun dilewati kendaraan besar dengan momotan tinggi akan tetap aman.

Jembatan yang kuat tidak akan mudah roboh meski dalam jangka waktu yang lama. Itulah mengapa jembatan-jembatan besar kebanyakan menggunakan baja.

4.    Memiliki Daya Tekan Tinggi


Salah satu karakteristik dari material baja adalah daya tekan dan daya tarik tinggi. Hal ini memungkinkan sebuah jembatan menghabiskan tidak begitu banyak baja. Hal itu lantaran hanya dengan sedikit bahan ruangan yang ada sudah dapat terpenuhi dengan baik.

Meski begitu, kualitas dan kekuatan jembatan akan tetap terjaga. Teknologi konstruksi mutakhir akhirnya lebih banyak melirik material baja tersebut.

5.    Material Bisa Dipindah-Pindah

Kondisi struktur baja yang tidak mudah retak atau pecah membuatnya tetap utuh meski telah dipakai bertahun-tahun. Dengan begitu, sangat mungkin jika baja tersebut dipindah ke tempat lain ketika dirasa sudah tidak difungsikan.

Misalnya untuk jembatan A yang sudah tidak digunakan, maka material bajanya masih dapat diterapkan di pembangunan lainnya tanpa mengurangi kualitas yang ada.

6.    Karat Mudah Dibersihkan

Salah satu kekurangan dari struktur baja adalah bisa berkarat. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena material satu ini bisa dibersihkan dari karat dengan mudah.

Mudahnya proses pembersihan itu akan menghindarkan baja dari penurunan kualitas produk. Sehingga, bangunan jembatan akan tetap kuat.

7.    Tahan Terhadap Gempa

Keuntungan selanjutnya yang tidak kalah menarik dari struktur baja dibanding beton adalah memiliki ketahanan tinggi dari gempa. Hal ini karena daya tahan yang tinggi terhadap beban berat. Dengan demikian, jembatan akan terhindar dari keretakan dan sebagainya.


Adapun kelebihan lain dari struktur baja yakni mudah diterapkan pada jembatan. Bahkan, material ini mudah dilenturkan dan dibentuk sesuai kondisi lapangan. Dengan menggunakan material satu ini, jembatan akan semakin cantik dengan bentuk yang menarik.

Dengan berbagai keunggulan di atas, tidak heran jika struktur baja lebih banyak dilirik dibandingkan beton. Khususnya dalam pembangunan jembatan.

Perlu Produk Bengkel Las Listrik

WhatsApp Sekarang SMS Sekarang

Perhatian !!!

[Pahami Cara Order di KREASINDO.ID]