--> Skip to main content

Mesin Crusher dan Karakteristiknya yang Dapat Disesuaikan Kebutuhan

Dalam dunia konstruksi, istilah mesin crusher tentu tidak asing lagi. Ini adalah mesin khusus yang didesain untuk menghancurkan material tertentu. Mesin ini banyak dicari karena terbukti memudahkan dan mempercepat proses konstruksi. Inilah penjelasan lengkap mengenai mesin penghancur tersebut.

Jenis-Jenis Mesin Crusher dan Karakteristiknya

Mesin Crusher dan Karakteristiknya yang Dapat Disesuaikan Kebutuhan


Ada banyak material yang biasanya dihancurkan dengan mesin crusher. Karena setiap bahan memiliki karakteristik berbeda, maka mesin yang dibutuhkan juga tidak sama. Berikut jenis-jenis mesin crusher tersebut dan kegunaannya secara umum.

1.    Roll Crusher

Jenis mesin pertama adalah Roll Crusher yang memiliki kapasitas produksi cukup besar. Mesin ini dilengkapi dengan sistem gilas rotary yang memiliki kecepatan RPM rendah dan impact crusher berkisar 300 RPM.

Kualitas material gigi gilas pada mesin tersebut akan mempengaruhi kinerjanya. Mesin ini umum digunakan dalam bidang pertambangan. Khususnya dalam menghancurkan bebatuan keras seperti batu semen, baru bara, batu kapur, belerang dan banyak lagi lainnya.

2.    Crusher Potong atau Shredder

Jenis mesin crusher kedua adalah crusher potong. Mesin penghancur dengan tipe ini terbilang multifungsi. Sistem pada mesinnya adalah rotary dengan jumlah gigi pisau yang banyak. Hal ini akan mempercepat proses pemotongan atau penghancuran.

Mesin crusher potong umum digunakan untuk mengurangi ukuran material tertentu agar menjadi serpihann kecil. Utamanya pada limbah-limbah industri semisal limbah elektronik, limbah otomotif, lmbah kertas karton, limbah cat, limbah logam dan banyak lagi lainnya.

3.    Jaw Crusher

Selanjutnya adalah Jaw Crusher yang paling umum digunakan. Cara kerja dari mesin ini adalah menghimpit material yang ada sampai hancur. Anake bebatuan keras bisa dihancurkan dengan mudah hanya memakai Jaw Crusher ini.

Contoh batu tersebut adalah batu kali, batu emas, batu besi, batu mineral, batu pegunungan dan lain sebagainya. Untuk memaksimalkan kinerja, Anda bisa menentukan ukuran dengan mengatur roda gila serta kekuatan mesin.

4.    Impact Crusher

Type mesin crusher berikutnya adalah Impact Crusher yang memiliki kecepatan RPM tinggi. Anda yang ingin menghancurkan batu gunung atau batu kali bisa memakai jenis mesin ini. Hanya saja, raw material pada batu tersebut tidak boleh terlalu besar.

Kinerja mesin crusher akan menghasilkan produk kecil dengan beragam ukuran. Namun, beberapa orang berpandangan bahwa mesin ini cocok untuk produksi jagungan atau abu batu sebagai bahan dasar produk paving block.

5.    Cone Crusher

Adapun Cone Crusher adalah jenis crusher yang cukup spesial karena menawarkan beberapa ukuran yang dapat disesuaikan dengan keinginan. Mesin satu ini bekerja dengan menghimpit material secara vertikal. Kecepatan dari Cone Crusher sendiri adalah 500 RPM.

Hanya saja, mesin ini hanya sebagai crusher sekunder karena nantinya masih harus ada tahap lanjutan untuk menghasilkan ukuran batu lebih kecil, semisal 5 cm sampai 10 cm. Meski demikian, alat ini mampu menghasilkan pecahan homogen dengan bentuk kotak. Karenanya, ia cocok untuk pembuatan jalan.

6.    Crusher Plastik

Adapun Crusher Plastik adalah sejenis crusher potong. Sistem kerjanya menggunakan teknik potong dengan kecepatan RPM tinggi. Seperti namanya, crusher ini kerap digunakan untuk menghancurkan material dari bahan plastik hingga berukuran 1 cm.

7.    Hammer Mill


Selain itu, ada juga Hammer Mill yang juga bekerja dengan kecepatan RPM tinggi. Karakteristik utama dari mesin ini adalah mampu menghasilkan produk dengan kehalusan sampai 100 mesh. Fungsi utama dari mesin tersebut yakni memproduksi pasir halus, tepung batu-batuan dan sebagainya.

Itulah beberapa jenis mesin crusher dan karakteristiknya yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Dengan type mesin yang pas, hasilnya akan semakin berkualitas.

Perlu Produk Bengkel Las Listrik

WhatsApp Sekarang SMS Sekarang

Perhatian !!!

[Pahami Cara Order di KREASINDO.ID]