--> Skip to main content

Simak Pelabuhan dan Jenis-Jenisnya Berikut Ini!

Pelabuhan yang ada di berbagai wilayah adalah tempat untuk hubungan dagang dan perpindahan penduduk. Pelabuhan memiliki jenis yang berbeda, tergantung dari kegunaannya. Inilah ulasan lengkap mengenai jenis-jenis pelabuhan dan fungsinya secara lengkap.

Mengenal Pelabuhan dan Jenisnya Secara Umum

Simak Pelabuhan dan Jenis-Jenisnya Berikut Ini!


Pengertian dari pelabuhan adalah fasilitas khusus di ujung samudera yang berfungsi untuk menerima kapal. Di tempat tersebut, biasanya terdapat proses pemindahan barang kargo dan penumpang. Di pelabuhan sendiri telah dilengkapi dengan ragam fasilitas yang memudahkan kapal pulang pergi.

Pelabuhan terdiri dari beberapa jenis. Berikut adalah macam-macam pelabuhan berdasarkan layanan kegiatannya:

1.    Pelabuhan Laut

Pelabuhan laut merupakan pelabuhan yang di dalamnya terdapat kegiatan angkatan laut. Pelabuhan ini khusus untuk kepentingan negara oleh para TNI AL.

2.    Pelabuhan Sungai atau Danau


Jenis pelabuhan kedua menurut layanan kegiatannya adalah pelabuhan sungai atau danau. Merupakan pelabuhan yang melayani kegiatan angkutan sungai dan danau.

3.    Pelabuhan Penyeberangan


Sedangkan pelabuhan penyeberangan adalah pelabuhan yang khusus melayani angkutan yang akan melakukan penyeberangan.

Sedangkan menurut jenisnya, pelabuhan dibagi menjadi dua yaitu pelabuhan umum dan khusus:

1.    Pelabuhan Umum

Yang dimaksud dengan pelabuhan umum adalah pelabuhan yang digunakan untuk kepentingan umum. Biasanya dimiliki oleh pemerintah dan dijalankan oleh BUMN. Indonesia sendiri memiliki empat badan usaha yang diberi mandat mengelola pelabuhan umum.

2.    Pelabuhan Khusus

Sedangkan pelabuhan khusus adalah pelabuhan yang didirikan hanya untuk kegiatan tertentu. Misalnya kegiatan pemerintah seperti TNI AL dan sebagainya. Intinya, jenis pelabuhan ini tidak diperkenankan untuk umum kecuali atas izin resmi pemerintah.

Selain kedua jenis pelabuhan di atas, ada juga jenis lain yang didasarkan pada perusahaannya:

1.    Pelabuhan Ikan


Jenis pertama adalah pelabuhan ikan. Jenis pelabuhan ini umumnya didirikan di sekitar perkampungan nelayan. Seperti namanya, sudah pasti digunakan untuk mobilitas dan produksi ikan agar lebih optimal. Pelabuhan satu ini tidak membutuhkan kedalaman yang besar. Namun, harus mencakup pasar lelang, lahan luas untuk perawatan alat pancing, es untuk pengawetan hasil produksi dan sebagainya.

2.    Pelabuhan Minyak

Jenis pelabuhan berdasarkan perusahaan yang kedua adalah pelabuhan minyak. Pelabuhan ini umumnya berlokasi di tempat yang jauh dari rumah warga atau fasilitas umum. Pelabuhan minyak sendiri membutuhkan kedalaman cukup besar sehingga jembatan perancah dibuat sedikit menjorok ke laut. Di tempat tersebut umumnya akan terdapat banyak pipa-pipa untuk perpindahan minyak.

3.    Pelabuhan Barang

Selanjutnya adalah pelabuhan barang yang berada di estuari sungai besar atau pantai. Pelabuhan ini juga harus dilengkapi dengan dermaga dan kelengkapan bongkar muat barang. Tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh pemerintah, namun juga pihak swasta. Berbagai produksi seperti alumunium, batu bara, minyak dan sebagainya biasanya mengakses pelabuhan jenis ini.

4.    Pelabuhan Penumpang

Adapun pelabuhan penumpang adalah jenis pelabuhan yang melayani kebutuhan orang dalam bepergian. Oelabuhan ini juga dilengkapi dengan stasiun penumpang. Bedanya dengan pelabuhan barang adalah kapasitas gudang pada pelabuhan penumpang lebih kecil sehingga kegiatan bongkar muatan tidak begitu sering.

5.    Pelabuhan Militer


Sedangkan pelabuhan militer adalah sejenis pelabuhan yang berukuran luas di kawasan perairan. Fungsinya untuk menunjang gerak cepat dari kapal-kapal militer dan kapal perang. Pada pelabuhan ini, bangunan-bangunannya dibuat sedikt terpisah.

Selain beberapa jenis pelabuhan tersebut, ada juga pelabuhan campuran yang di dalamnya berisi penumpang dan barang sekaligus. Pada intinya, setiap pelabuhan memiliki tugas pokok dan fungsi yang berbeda-beda.

Perlu Produk Bengkel Las Listrik

WhatsApp Sekarang SMS Sekarang

Perhatian !!!

[Pahami Cara Order di KREASINDO.ID]