Skip to main content

6 Cara Memasang Wallpaper Plafon Secara Mandiri dengan Hasil Memuaskan

Menjaga kebersihan ruangan merupakan hal yang wajib dilakukan terutama untuk menjaga keindahan dari ruangan itu sendiri. Saat ini hal tersebut dapat mudah dilakukan dengan cara memasang wallpaper plafon yang praktis. Langkah ini dinilai efektif karena wallpaper plafon memiliki banyak kelebihan saat dipasang pada sebuah ruangan.

Kelebihan dari wallpaper plafon ini yang utama adalah tersedia dalam banyak motif yang bisa dipilih. Selain itu aneka motif yang diinginkan tersebut hasilnya bisa lebih seragam dari penggunaan cat secara manual. Apalagi untuk masalah pemasangan yang  lebih cepat dan mudah untuk dilakukan seperti beberapa langkah di bawah ini:

6 Cara Memasang Wallpaper Plafon Secara Mandiri dengan Hasil Memuaskan


1.  Menyiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum membahas mengenai cara memasang wallpaper plafon maka yang harus dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan  apa saja yang diperlukan dahulu. Mulai dari wallpaper yang akan digunakan, plafon yang akan dipasang, lem khusus wallpaper, hingga alat-alat yang diperlukan. Saat semua perlengkapan yang dibutuhkan sudah tersedia maka lanjut ke tahap berikutnya.

2.  Melakukan Pengukuran Plafon yang Akan Dipasang Wallpaper

Langkah kedua sebagai cara memasang wallpaper plafon adalah melakukan pengukuran pada bagian plafon yang akan dipasang wallpaper. Efektifitas pemasangan wallpaper tergantung pada cermat atau tidaknya saat melakukan pengukuran plafon. Sehingga ada baiknya jika pengukuran ini dilakukan dengan hati-hati untuk meminimalkan adanya bahan yang terbuang percuma.

3.  Membersihkan Plafon yang Akan Dipasang

Selesai melakukan pengukuran, langkah berikutnya yang dilakukan sebagai cara memasang wallpaper plafon adalah dengan melakukan pembersihan plafon. Pastikan plafon yang akan dipasangi wallpaper dalam keadaan bersih dari noda yang menyebabkan permukaan tidak rata. Bila menemukan ada permukaan plafon yang kurang rata, bisa disiasati dengan melakukan pengamplasan terlebih dahulu hingga bersih.

4.  Penyiapan Wallpaper  yang Sudah Disiapkan

Kemudian wallpaper yang telah disiapkan dipotong menggunakan cutter berdasarkan pengukuran plafon yang telah dilakukan. Setelahnya, wallpaper perlu untuk disiapkan sebelum dilakukan pemasangan yakni dengan menambahkan lapisan lem. Untuk memberikan lapisan lem bisa dilakukan dengan cara membalik wallpaper dan melapisi bagian belakang dengan lem secara merata.

5.  Pemasangan Wallpaper di Plafon

Perlu untuk diingat, ketika melakukan pemasangan wallpaper sebaiknya diawali dari bagian sudut agar hasilnya lebih presisi. Gunakan kape pada saat melakukan pemasangan agar lem yang kurang rata dapat diratakan segera. Tips dalam melakukan pemasangan ini sebaiknya dilakukan dengan santai dan jangan terburu-buru agar hasilnya lebih maksimal.

Ada baiknya, saat melakukan pemasangan wallpaper pada plafon tidak dilakukan seorang diri agar tidak mengalami kesulitan. Setidaknya ada orang yang membantu untuk menahan sudut wallpaper, agar saat perekatan bagian lain posisinya tidak bergeser sedikitpun. Ulangi pemasangan secara perlahan sampai setiap bagian plafon yang diinginkan tertutup dengan sempurna.

6.  Pengecekan Pasca Pemasangan

Pasca wallpaper telah terpasang di plafon maka berikutnya perlu untuk dilakukan pengecekan agar hasilnya benar-benar baik. Terutama pada bagian yang kurang rata karena ada lem yang masih menumpuk di bagian tersebut. Ratakan bagian lem yang kurang merata tersebut menggunakan bantuan kapi sebelum lem yang menempel di plafon benar-benar kering.

Melalui wallpaper yang terpasang pada plafon rumah memang memiliki banyak manfaat dalam menciptakan keindahan rumah. Khususnya jika menghendaki pembersihan plafon maksimal dalam waktu yang cepat, maka memasang wallpaper adalah alternatif yang bisa dilakukan. Sekian semoga beberapa ulasan tentang cara memasang wallpaper plafon di atas dapat bermanfaat.