--> Skip to main content

6 Manfaat dan Kegunaan Besi Hollow di Bidang Konstruksi

6 Manfaat dan Kegunaan Besi Hollow di Bidang Konstruksi

Besi hollow adalah pilihan material yang semakin menjadi primadona dikalangan pekerja konstruksi. Setiap kali sedang mendirikan sebuah bangungan, seolah-olah sudah menjadi kewajiban memanfaatkan besi hollow. Baik itu untuk beberapa bagian bagian rumah atau menjadi material dominan di bangunan tersebut. Lantas, apa saja manfaat dan kegunaan besi hollow? Simak informasi lengkapnya berikut.

Besi hollow adalah salah satu jenis besi unggulan yang kekuatannya mirip seperti baja ringan dan bentuknya berongga. Sebagian orang sering menyebut besi hollow sebagai pipa kotak, karena bentuknya mirip penampang pipa panjang dengan rongga segi empat.

Selain dikenal berumur panjang, pasti Anda penasaran dengan manfaat dan kegunaan besi hollow bukan? Temukan jawabannya sendiri di bawah.

Manfaat Besi Hollow yang Perlu Anda Tahu

Sebagai jenis besi unggulan, tentu ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh besi hollow. Antara lain sebagai berikut:

1. Mampu Meredam Panas

Ternyata, salah satu alasan mengapa besi hollow begitu disukai oleh pekerja konstruksi adalah berkat kemampuannya yang bagus dalam menghalau panas. Rumah yang menggunakan besi hollow terasa lebih dingin, tanpa khawatir menimbulkan panas berlebih.

Nah, apabila Anda tinggal di daerah perkotaan yang cuacanya panas maka bisa mempertimbangkan besi hollow. Ini akan membantu menghindari rasa panas yang menyengat, terlebih lagi di dalam ruangan.

2. Tahan Karat

Besi hollow diketahui mengandung silicon dan aluminium yang membuatnya lebih tahan terhadap pengaratan. Sehingga sangat direkomendasikan sebagai material pondasi bangungan, supaya selalu kokoh untuk jangka waktu lama.  

Ketahanannya dari pengaratan membuat besi hollow semakin digemari untuk membuat pagar, pintu garasi dan beraneka macam furnitur lain.

3. Tahan Api

Besi hollow bukan hanya sekedar tahan karat, melainkan juga tahan terhadap suhu tinggi. Penggunaan besi hollow mampu meminimalisir terjadinya kebakaran pada gedung atau bangunan. Sehingga membuatnya cocok untuk gedung penyimpanan atau bangunan lain yang berisiko mudah terbakar.

Semisal terjadi kebakaran di sebuah bangunan, besi hollow membantu mencegah api menyebar  dengan cepat.

4. Perawatan Simpel

Semua orang pasti menyukai sesuatu yang mudah dan praktis, begitupun pada furnitur di rumah. Hal itu bisa diwujudkan oleh besi hollow yang sama sekali tidak memerlukan perawatan khusus. Dari segi perawatan, setiap furniture berbahan besi hollow tidak merepotkan.

5. Pemasangan Mudah

Manfaat besi hollow berikutnya adalah kemudahan ketika proses pemasangan. Inilah yang menjadikannya sebagai favorit para pekerja konstruksi, karena membuat pekerjaan mereka semakin cepat selesai.

Komposisi besi hollow memungkinkannya mudah dibuat menjadi beraneka macam bentuk, begitu pula dengan pemasangannya.

6. Harga Terjangkau dan Banyak Variasi Ukuran

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, harga besi hollow bisa dibilang terjangkau. Terlebih lagi ini akan membuat furniture menjadi awet untuk penggunaan hingga belasan tahun. Karena mudah dibentuk sesuai kebutuhan, variasi ukuran yang bisa Anda beli juga sangat beragam.

Kegunaan Besi Hollow di Bidang Konstruksi

Berikut ini adalah contoh pemanfaatan besi hollow secara umum. Anda pasti sudah sering menemukannya.

Dibuat railing dan rangka plafon

Besi hollow mempunyai penampang yang sangat cocok dipakai untuk pembuatan rangka railing dan plafon. Sehingga wajar apabila sekarang semakin banyak ditemukan rangka plafon dan railing berbahan dasar besi hollow.

Pagar

Pagar kayu memang lebih estetik dan menarik dari segi tampilan, namun untuk urusan keawetan dan keamanan, maka besi hollow jauh lebih unggul. Masyarakat juga mulai banyak yang beralih menggunakan pagar besi hollow.

Furniture industrial

Konsep furniture industrial sedang menjadi trend beberapa tahun terakhir. Nah, besi hollow yang berwarna hitam keabu-abuan sangat cocok untuk membuat furniture tersebut. Hasil akhirnya adalah produk yang terlihat elegan.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai manfaat dan kegunaan besi hollow. Semoga menjadi referensi untuk Anda semua.