--> Skip to main content

Cara Setting Panggung Besi Rigging untuk Acara Outdoor

Memilih panggung besi rigging untuk acara outdoor adalah pilihan yang tepat. Panggung jenis ini adalah panggung serba guna yang bisa dipasang di mana saja. Tentunya Anda juga menginginkan panggung yang megah.

Kontsruksi panggung rigging bisa Anda pilih sesuai dengan desain panggung yang diinginkan, mulai dari yang ukuran standar hingga yang megah. Panggung rigging merupakan jenis panggung berbahan dasar besi tebal dan mampu menahan beban ratusan kilo.

Adapun panggung semi rigging, yang memiliki sedikit perbedaan dengan full rigging, yaitu dari ukuran yang lebih pendek dan tidak ada tempat untuk lighting dan sound gantung.

Cara Setting Panggung Besi Rigging untuk Acara Outdoor

Apa Saja Komponen Panggung Rigging?

Panggung ringing adalah jenis panggung yang bisa dibongkar dan dipasang kembali. Sehingga paggung ini sangat fleksibel penggunaannya dan mudah dirapikan. Saat menyatukan panggung, bisa jadi panggung rigging 4 × 6 atau 10 × 8.

Panggung rigging 10 × 8 biasanya digunakan untuk pementasan skala besar dengan target jumlah penonton yang sangat banyak. Panggung rigging terdiri atas beberapa komponen utama, yaitu tower truss, atap rigging, dan rigging sound.

Tower truss berfungsi sebagai penyangga agar panggung mampu menahan beban berat. Atap rigging terbuat dari besi hollow yang berfungsi untuk menempatkan lighting atau backdrop. Rigging sound berfungsi untuk tempat menggantungkan line array.

Cara Setting Panggung Besi Rigging untuk Acara Outdoor

Cara Setting Panggung Besi Rigging untuk Acara Outdoor

Teknik setting panggung besi rigging perlu diketahui sebelum memasangnya. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang sangat perlu diperhatikan ketika memasang panggung ini, antara lain ialah:

•    Arah mata angin

Arah mata angin sangat penting untuk di perhatikan karena panggung ditempatkan di luar ruangan. Usahakan pemasangan panggung tidak berada pada posisi yang menghadap arah angin.

Jika menghadap ke arah angin akan menyulitkan anda pada saat mendekor panggung, karena angin yang berhembus akan mengarah ke panggung. Selain itu panggung akan terasa kurang nyaman pada saat digunakan.

•    Kondisi pencahayaan

Selain arah mata angin kondisi pencahayaan disekitar panggung juga sangat penting. Apabila panggung dipasang pada siang hari maka perlu memperhatikan sinar matahari. Pada posisi yang berhadapan dengan sinar matahari akan membuat silau, sehingga kurang nyaman.

Lebih baik panggung dipasang dengan membelakangi arah sinar matahari. Apabila panggung dipasang pada malam hari sangat penting untuk memperhatikan jenis-jenis lighting dan tata retaknya agar pada saat digunakan panggung tampak indah.

•    Kekuatan rangka

Sangat penting untuk memilih panggung rigging yang memiliki struktur dan kondisi rangka yang kuat. Hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan pada saat pementasan.

Karena rangka yang kuat akan mampu menahan beban panggung yang berat, seperti atap panggung. Apalagi jika diatas panggung diberi komponen-komponen musik seperti gitar, dram, keyboard, dan lain-lain.

Lebih baik Anda menggunakan panggung dengan ukuran yang besar agar mampu menahan beban berat. Selain panggung full rigging, Anda juga bisa menggunakan panggung semi rigging 8×6.

•    Kondisi tempat

Kondisi tempat sangat menentukan posisi panggung pada saat dipasang. Selain penting untuk dekorasi, juga untuk memilih ukuran panggung yang sesuai. Jika panggung dipasang di daerah pesisir, maka sangat mudah untuk menentukan posisinya yang terbaik.

Namun jika pemasangan panggung dilakukan di tempat yang terdapat banyak pepohonan besar, Anda harus menyesuaikanya, seperti ukuran panggung yang digunakan, dekorasi, dan lain-lain. Anda juga perlu memperhatikan jarak antara panggung dengan stand-stand (sponsor, bazar, pameran) lain. Selain itu juga memperhatiakn luas area untuk menonoton.

Rekomendasi Pembuatan Panggung Besi Rigging Berkualitas di Jabodetabek dan Sekitarnya

Kreasindoco adalah bengkel las listrik spesialis pembuatan panggung besi rigging yang siap melayani pemesanan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), dan sekitarnya.

Kenapa harus Kreasindoco? Ada banyak penyedia jasa pembuatan panggung rigging, namun Sudahkah bersaing dengan pelayanan yang diberikan oleh Kreasindoco? Mari simak beberapa keunggulan Kreasindoco berikut ini:

1.    Terbukti berpengalaman

Kreasindoco telah berdiri sejak 2009, sehingga sudah berpengalaman dalam melayani pelanggan. Tentunya, kepuasan pelanggan yang menjadi keutamaan pelayanan di Kreasindoco. Oleh karena itu, berbekal pengalaman sekitar sepuluh tahun, Kreasindoco telah mengerti kemauan pelanggan.

2.    Tenaga berpengalaman dan kompeten

Pelayanan yang berkualitas telah dibuktikan Kreasindoco melalui berbagai testimoni yang diberikan oleh pelanggan. Mereka merasa puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan di Kreasindoco. Kreasindoco juga memiliki tenaga kerja yang terampil dan ahli, sehingga segala pekerjaan dilakukan dengan profesional untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Sekali lagi, kepuasan pelanggan adalah yang utama.

3.    Fasilitas garansi

Jika Anda memesan barang di Kreasindoco, setiap barang yang Anda pesan telah diberikan fasilitas garansi, sehingga tidak perlu khawatir jika barang mengalami kerusakan. Segera konfirmasi jika ada produk yang anda terima dalam keadaan kurang baik.

Lihat Juga: Daftar Harga Panggung Besi Terbaru

Anda bisa memesan dengan ukuran modul rigging yang sesuai dengan keinginan Anda di Kreasindoco. Caranya, dengan datang langsung ke kantor atau menghubungi admin Kreasindoco melalui whatsapp, SMS, telfon, atau email.

Sekian, penjelasan tentang panggung besi rigging dan rekomendasi jasa pembuatanya. Semoga bisa membantu.