--> Skip to main content

Cara Mengecat Besi Menjadi Urat Kayu

Motif urat kayu yang menghadirkan nuansa klasik dan alami memiliki daya tarik tersendiri yang tidak pernah lekang oleh waktu. Sebagian besar orang masih menjadikannya sebagai pilihan utama untuk perabotan atau furniture di rumah. Apabila Anda merasa tertarik untuk menghadirkan motif ini ke dalam hunian, berikut cara mengecat besi menjadi urat kayu.

Seperti yang kita ketahui bersama, hampir semua perabotan di rumah didominasi oleh material besi. Karena besi dinilai memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang cukup baik.

Bukan hanya mempercantik tampilan furniture, cara mengecat besi menjadi urat kayu juga bertujuan untuk meminimalisir serangan karat. Sehingga tidak mudah keropos dan rusak. Tanpa perlu panjang lebar, berikut pembahasan selengkapnya.

Cara Mengecat Besi Menjadi Urat Kayu


Cara Mengecat Besi Menjadi Urat Kayu

1. Tahap Persiapan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan semua kebutuhannya. Adapun yang perlu dipersiapkan antara lain:

  • Sabun detergen
  • Masker
  • Kuas
  • Sarung tangan
  • Koran bekas
  • Cat belazio age warna gold (emas). Ukuran 1 liter harganya sekitar Rp. 180 ribuan. 
  • Cat belazio woodgrano motif kayu. Ukuran 1 liter harganya sekitar Rp. 110 ribuan. 
  • Kuas khusus pembentuk motif kayu, namanya adalah propan wood graining rubber. Harganya sekitar Rp. 50 ribuan. 
  • Setelah semua persiapan selesai, sekarang Anda perlu mencuci besi dengan detergen. Bersihkan secara menyeluruh sampai tidak ada kotoran dan debu yang menempel. 
  • Tunggu sampai permukaan besi mengering. Jika besi sebelumnya sudah dicat dan warnanya masih bagus, amplas ringan dahulu. Supaya penetrasi motif kayu lebih maksimal dan hasilnya sesuai yang diharapkan.


2. Pengecatan Warna Dasar

Siapkan koran bekas secukupnya dan letakkan di sekitar besi yang hendak dicat.

Ambil cat belazo warna gold dan campur bensin secukupnya. Setelah itu, aplilasikan pada besi sebagai warna dasar. Oleskan cat secara merata dan pastikan setiap bagian tertutup secara sempurna. Ulangi pengecatan sebanyak dua lapisan dan biarkan sampai mengering.

3. Pengecatan Motif Kayu

Setelah warna dasar sudah kering, ambil cat belazio woodgrano dan campur dengan sedikit bensin. Aduk sampai tercampur merata.

Ambil kuas dan aplikasikan cat belazio woodgrano pada besi. Gunakan kuas untuk membuat satu lajur terlebih dahulu dan langsung  gambar dengan kuas motif kayu. Buat satu lajur lainnya dan gambar, begitu terus sampai seluruh permukaan besi penuh.

Alih-alih langsung mengecat seluruh permukaan, baru kemudian di beri motif kayu. Sebaiknya Anda membuat satu per satu lajur. Supaya hasil gambar motif kayu lebih baik karena tidak keburu kering.

Sesudah semua permukaan besi di beri motif, ulangi langkah dari awal sebanyak 3x. Tujuannya adalah agar lapisan cat tidak mudah mengelupas dan lebih tebal.

Apabila motif urat kayu sudah berhasil dibuat, tinggal menunggunya sampai kering.

Cara Mengecat Besi Berkarat


Seringkali ada beberapa hal yang membuat besi berkarat. Tentu saja, sebelum Anda mulai mengecatnya perlu menghilangkan karat terlebih dahulu supaya hasil akhirnya lebih maksimal.

Pertama, campur 50:50 air dan cuka. Gunakan campuran ini untuk membersihkan bagian besi yang berkarat. Selain air cuka, Anda bisa juga membersihkannya menggunakan detergen.

Setelah dibersihkan, gosok dengan amplas kasar atau sikat kawat. Apabila noda-noda karat sudah dibuang, barulah demikian Anda bisa mengikuti langkah-langkah diatas.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara mengecat besi menjadi urat kayu? Semoga ulasan diatas bisa menjadi referensi untuk Anda semua. 


Perlu Produk Bengkel Las Listrik

WhatsApp Sekarang SMS Sekarang

Perhatian !!!

[Pahami Cara Order di KREASINDO.ID]