--> Skip to main content

Apa Saja Fungsi Hijab Masjid? Simak Selengkapnya Berikut Ini

Apa Saja Fungsi Hijab Masjid? Simak Selengkapnya Berikut Ini


Hijab masjid adalah salah satu komponen yang keberadaannya sangat penting di mushola dan masjid. Tidak hanya itu, tempat keramaian publik yang ingin menghadirkan fasilitas ibadah kepada pengunjungnya juga penting memiliki pembatas sholat laki-laki dan perempuan ini. Apakah Anda pensaran dengan fungsi hijab masjid? Kalau begitu, silahkan baca artikel berikut sampai habis agar lebih paham.

Apabila pembatas sholat dahulu hanya dibuat dari tali dan kain seadanya, maka sekarang sudah banyak yang menjual partisi pembatas masjid. Contoh gambar dan desainnya bisa dilihat sendiri di internet yang sangat beragam.

Materialnya juga banyak pilihan, seperti dari kayu, triplek, stainless dan besi. Fungsi hijab masjid selengkapnya bisa Anda simak dibawah ini.

Berbagai Fungsi Hijab Masjid yang Sangat Penting

Pemasangan hijab masjid tentu memiliki tujuannya sendiri demi kenyamanan jamaah. Namun pada intinya, ada tiga poin penting yang menjadi pertimbangan banyak orang sehingga memutuskan untuk memasangnya.  

1. Pembatas Sholat Laki-Laki dan Perempuan

Fungsi hijab masjid yang paling utama adalah menjadi pembatas antara jamaah laki-laki dan perempuan. Ini akan membagi ruangan masjid menjadi dua bagian, yaitu khusus laki-laki dan perempuan.

Ketika sedang dilaksanakan sholat jamaah, makmum laki-laki dan perempuan tidak akan bercampur menjadi satu. Tidak ada yang bisa melirik satu sama lain. Sehingga, ibadah menjadi lebih khusyu.

Fungsinya sebagai pembatas ruangan juga dibutuhkan di fasilitas ibadah tempat keramaian. Seperti mall, taman hiburan, pariwisata dan lain sebagainya. Ketika ruangan sholat laki-laki dan perempuan dipisah, mereka tidak perlu bingung harus sholat disebelah mana.

Bisa dibayangkan bagaimana jadinya sebuah masjid tidak memiliki pembatas.  

2. Memudahkan Penataan Ketika Ada Acara

Selain dibutuhkan ketika sholat berjamaah, pembatas masjid juga sangat penting ketika sedang diselenggarakannya sebuah acara. Baik itu pengajian, tasyakuran dan lain sebagainya. Laki-laki dan perempuan memiliki ruangannya sendiri yang tertutup satu sama lain.

Sehingga, penataan tempat duduk menjadi lebih terkoordinir. Apabila tidak ada pembatas yang jelas, jamaah laki-laki akan duduk disembarang tempat dan susah tertata rapi.

3. Membuat Interior Masjid Lebih Rapi

Disamping fungsi hijab masjid diatas, keberadaannya ternyata bisa mempermanis interior tempat ibadah Anda. Adanya penyekat antar ruangan membuat masjid terlihat lebih rapi dan bagus. Terlebih lagi dengan penyesuaian warna kain hijab masjid, dinding dan karpet yang selaras, pasti sedap dipandang mata.

Beberapa Bahan Pembuatan Pembatas Sholat

Ada beberapa material yang secara umum dipakai untuk membuat partisi pembatas masjid. Diantaranya yang terkenal ditengah-tengah masyarakat seperti berikut.

1. Triplek

Untuk Anda yang hanya memiliki budget murah, maka membuat hijab masjid dari triplek adalah pilihan paling tepat. Sayangnya, pembatas masjid ini kurang kuat dan tidak bisa bertahan untuk waktu lama.

2. Kayu

Selain triplek, Anda bisa juga membuat pembatas masjid dari kayu. Selain berisiko lapuk dimakan rayap, harganya relatif mahal untuk bisa mendapatkan kualitas yang mampu bertahan lama dan bagus.

3. Besi

Hijab masjid besi memberikan nuansa baru untuk ruangan mushola dan masjid. Karena modelnya bisa desuaikan dengan keinginan, harganya relatif terjangkau dan kokoh. Namun, pembatas masjid dari besi berbobot relatif berat untuk dipindahkan.

4. Stainless Steel

Ini dia material yang sedang digemari oleh masyarakat. Hijab masjid stainless menawarkan desain yang elegan, pemakaian jangka panjang karena bebas lapuk atau karat, sekaligus ringan untuk dipindahkan.

Kelebihannya yang menarik harus dibayar dengan harga hijab masjid stainless cukup mahal. Namun, melihat keunggulannya tetap saja recomended dijadikan pilihan utama.

Demikianlah pembahasan tentang berbagai macam fungsi hijab masjid. Semoga referensi diatas bisa menambah wawasan Anda dan dijadikan bahan pertimbangan untuk kedepannya apabila belum memiliki pembatas sholat.