--> Skip to main content

Kegunaan Lem Kaca Glass Sealant dan Merek yang Bagus 2021

Silicone sealant atau lem silikon adalah perekat bertekstur gel atau cair yang biasa digunakan untuk merekatkan partisi-partisi di industri bangunan. Salah satunya adalah merekatkan dua potongan kaca agar bisa menjadi satu. Seperti yang kita tahu, penggunaan kaca sebagai bahan dasar pembuatan furniture semakin beragam. Sebagai tukang, Anda pastinya wajib mengetahui kegunaan lem kaca glass sealant.

Bicara soal furniture kaca, biasanya ini banyak ditemukan pada hunian modern. Beberapa macam yang paling umum digunakan adalah pintu kaca frameless, railing tangga kaca, shower dan railing balkon.  
 
Agar setiap bagian terhubung secara sempurna, disinalah kegunaan lem kaca glass sealant sebagai perekat. Mari berkenalan lebih jauh dengan lem silikon berikut.

Kegunaan Lem Kaca Glass Sealant dan Merek yang Bagus 2021


Apa itu Lem Silikon?

Lem silikon adalah salah satu perekat yang memiliki tekstur gel atau cair. Secara umum, perekat ini dipakai di industri bangunan. Sama seperti lem lain, silicone sealant berfungsi untuk sekedar mengisi celah atau merekatkan antara dua bidang.

Lem silikon mempunyai karakteristik khusus tetap stabil dan elastis di berbagai kondisi suhu. Bukan hanya kaca, lem silikon juga bisa merekat di berbagai macam material seperti polycarbonate, uPVC, aluminium dan lain sebagainya.  

Kegunaan Lem Kaca Glass Sealant

Lem kaca Glass Sealant berfungsi sebagai perekat dua potongan kaca agar bisa menempel secara sempurna. Dengan karakteristik yang stabil di semua kondisi suhu, membuatnya cocok diaplikasikan di ruangan indoor ataupun outdoor.  

Lem Glass Sealant mampu merekatkan masing-masing bagian dengan kuat, sehingga menjamin furniture di rumah awet dan aman digunakan. Terlebih lagi dipakai di pintu rumah dan railing balkon atau railing tangga, pasti membutuhkan lem yang mampu memasang kaca dengan sempurna.

Selain kuat, lem glass sealant juga bersifat tahan air. Inilah yang membuatnya ideal sebagai pilihan perekat untuk shower kamar mandi berbahan kaca. Meskipun berada di suhu lembab dan sering terkena percikan air, lem tetap merekat sempurna tanpa mempengaruhi keawetannya.

Rekomendasi Lem Kaca yang Bagus dan Awet

1. Lem Kaca Dextone

Salah satu lem terpopuler di Indonesia adalah Dextone yang sudah diketahui oleh masyarakat luas. Ada beberapa varian lem yang bisa dipilih oleh konsumen, yaitu berwarna putih, bening dan hitam. Selain kaca, Anda juga bisa memakainya untuk merekatkan metal, keramik, karet dan bahkan rubber.

Apabila Anda sedang membuat aquarium kaca, maka bisa membeli varian 300 ml. Lem kaca Dextone diketahui memiliki fleksibilitas bagus dan tahan terhadap air.

2. Lem Kaca Sealant Soligen

Brand Soligen memiliki lem kaca sealant yang cepat kering, tahan lama dan tahan terhadap cuaca apapun. Pilihan tepat untuk menyegel, memperbaiki dan merekatkan material kaca yang diinginkan. Anda bisa memilih varian warna putih susu, transparent/clear dan hitam.

Lem kaca soligen mampu bertahan di suhu 50-150 derajat celcius. Harganya sekitar Rp. 30.000 - Rp. 40.000.

3. Lem Kaca Dow Corning

Tidak sedikit pengerajin kaca yang mengandalkan Dow Corning sebagai perekatnya. Seperti pembuat aquarium misalnya. Selain dipakai untuk merekatkan kaca, Anda juga bisa merekatkan aluminium, keramik dan lain sebagainya.

Harga lem kaca Dow Corning berkisar Rp. 30.000 - Rp. 60.000.

4. Lem Kaca Selsil

Lem kaca yang bagus berikutnya adalah produk dari Selsil. Jangan heran apabila harganya lumayan mahal, karena sebanding dengan kualitas yang diberikan. Lem selsil mengandung sifat asam dan bagus untuk merekatkan partisi kaca.

Sifatnya yang tahan terhadap panas tinggi menjadikannya pilihan bagus untuk metal logam, ubin, kaca dan keramik. Bahkan, lem sealant Selsil bisa dimanfaatkan sebagai perekat mocrowave dan oven.

Didalamnya mengandung 100% polimer yang mampu bertahan sampai suhu 255 derajat dan sudah diuji. Tersedia ukuran 310 ml dengan varian warna merah. Lem Selsil pasti sudah familiar dikalangan pengerajin kaca, berkat ketahanannya yang terbukti bagus.

Demikianlah ulasan mengenai kegunaan lem kaca glass sealant dan rekomendasinya. Semoga bermanfaat.