--> Skip to main content

Macam-Macam Railing Balkon Kaca Untuk Memperindah Eksterior Rumah

Macam-Macam Railing Balkon Kaca Untuk Memperindah Eksterior Rumah

Railing balkon kaca memberikan kesan manis pada eksterior rumah Anda sehingga terlihat lebih indah. Disamping fungsinya sebagai pagar pengaman ketika berada di balkon, railing yang dikombinasikan dengan material kaca juga sangat bagus dari segi dekorasi. Wajar apabila peminatnya semakin banyak, khususnya mereka yang ingin balkon tidak monoton.

Harga railing balkon kaca dipengaruhi oleh material rangka yang digunakan, karena ada rangka kayu, besi dan stainless steel. Ukuran balkon juga mempengaruhi mahal atau tidaknya pagar pengaman satu ini.

Material kaca yang digunakan adalah kaca tempered dengan kekuatan dan daya tahan bagus. Supaya lebih paham dan tidak bingung, berikut pembahasan selengkapnya.

Macam-Macam Railing Balkon Kaca

Dalam pembuatan railing balkon kaca, ada beberapa macam rangka yang bisa dipilih sesuai budget dan kebutuhan. Silahkan simak dahulu keunggulan dan kelemahan masing-masing rangka railing supaya bisa memilih dengan tepat.

Railing Balkon Kaca Rangka Besi

Besi hollow adalah material berbentuk batangan berongga yang termasuk ke dalam jenis besi beton. Di industri konstruksi, penggunaan besi hollow sebagai bahan dasar pembuatan furniture bukanlah hal baru. Sudah sejak lama besi hollow menjadi pengganti kayu karena lebih mudah dan cepat dipasang.

Besi hollow mempunyai bentuk dan struktur yang mudah dibentuk sesuai keinginan. Tinggal potong dan las sana-sini, maka dengan cepat railing balkon Anda sudah selesai terpasang.  

Dari segi dekoratif, besi hollow menawarkan tampilan yang terkesan modern. Apalagi Anda bisa melakukan finishing dengan berbagai pilihan warna. Pasti membuat railing balkon kaca semakin keren dan indah.

Beralih ke bagian harga, railing balkon besi relatif lebih terjangkau dibandingkan stainless dan kayu jati.

Sementara itu, kekurangan besi hollow salah satunya adalah kurang cocok untuk menahan beban terlalu berat. Kekokohannya masih dibawah plat besi, besi beton dan besi profil. Hal ini dikarenakan besi hollow lebih cenderung ke sifat dekoratif, dibandingkan daya tahan.

Railing Balkon Kaca Rangka Stainless Steel

Apabila memiliki lebih banyak uang, maka bisa nih mempertimbangkan rangka stainless. Sebab, keunggulannya datang dari semua sisi. Baik itu dekorasi maupun fungsi, semua sama-sama berkualitas.

Stainless dikenal sebagai aluminium anti karat, sehingga membuat railing balkon kaca Anda berumur panjang. Meskipun berada dibawah paparan matahari dan air hujan, hal itu sama sekali tidak berisiko mengakibatkan penyusutan maupun keropos akibat karat. Keawetannya jauh lebih baik daripada rangka besi.  

Tampilannya juga sangat menarik, bisa menghadirkan kesan modern dan elegan. Permukaan stainless yang glossy membuat railing balkon di rumah Anda semakin kece, terlebih lagi dikombinasikan dengan kaca.

Rangka stainless memiliki kekuatan yang baik terhadap beban berat sekalipun. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir ia mudah rusak dan penyok.

Keunggulan dari segi keawetan, dekorasi dan kekuatannya harus dibayar dengan harga yang relatif mahal. Namun, tetap saja menguntungkan karena bisa bertahan selama bertahun-tahun.

Railing Balkon Kaca Rangka Kayu

Terakhir, ada railing balkon kaca rangka kayu yang menghadirkan dekorasi mewah bernuansa klasik. Cocok dipilih apabila Anda menginginkan furniture mewah dan tampilannya mencolok. Agar tidak mudah terkena rayap dan kekuatannya bagus, sebaiknya memilih kayu jati.

Kayu jati mampu bertahan sampai puluhan tahun dan bebas rayap. Kekuatannya juga sangat bagus dan memuaskan.

Akan tetapi, biaya yang harus dikeluarkan sangat mahal dibandingkan besi dan bahkan stainless. Hal itu disebabkan oleh semakin langkanya kayu jati. Sehingga, memang furniture berbahan jati dijual dengan harga mahal.

Demikianlah pembahasan mengenai macam macam railing balkon kaca. Semoga bermanfaat.