--> Skip to main content

Mengapa Pagar Besi Tempa Cocok Untuk Rumah Klasik? Inilah Alasannya

Pagar besi adalah komponen eksterior yang hampir ditemukan disetiap rumah. Fungsi dasarnya tentu sebagai pengaman hunian, namun sekarang merembet menjadi pemanis tampilan rumah. Oleh karena itu, semakin banyak model dan desain yang ditawarkan oleh pengerajin furniture. Seperti pagar besi tempa yang cocok untuk rumah klasik.

Pagar besi tempa dikenal dengan karakteristiknya yang kuat dan memiliki tampilan megah. Dibandingkan jenis besi cor, besi tempa memang lebih kokoh karena kandungan karbon didalamnya lebih rendah.  

Ini merupakan pilihan yang tepat apabila Anda mencari pagar untuk jangka panjang. Lantas, mengapa pagar besi tempa cocok untuk rumah klasik? Temukan jawabannya pada pembahasan berikut.

Mengapa Pagar Besi Tempa Cocok Untuk Rumah Klasik? Inilah Alasannya


Apa itu Besi Tempa?

Besi tempa adalah jenis besi yang dibuat dari campuran karbon dan besi melalui proses penempaan. Besi tempa memiliki kandungan karbon yang relatif rendah (<0,08). Ini membuatnya sangat lentur dan mudah ditempa ke berbagai macam bentuk. Penempaan bisa dilakukan secara mekanis di pabrik atau menggunakan tenaga manusia.

Proses pembentukan besi tempa dalam jumlah banyak umumnya membutuhkan waktu lebih lama, berbeda dari besi cor yang relatif lebih cepat. Pada besi cor, kandungan karbonnya mencapai 3-3,5%. Pembuatannya dilakukan dengan melelehkan bijih besi ke tungku pembakaran kemudian dituangkan ke cetakan prefabrikasi.

Setelah dingin dan mengeras, lelehan besi dikeluarkan dari cetakan. Untuk kekokohannya sendiri, besi cor masih kalah dengan besi tempa.

Besi tempa memiliki karakteristik cenderung keras, namun ulet dan relatif mudah ditempa. Ia mampu tahan terhadap korosi dan mudah dilas. Meskipun warnanya abu-abu mirip besi tuang kelabu, akan tetapi warna besi tempa sedikit lebih terang.    

Berbekal beberapa karakteristik yang dimilikinya, besi tempa berhasil menarik perhatian banyak orang sejak dahulu. Besi tempa seringkali menjadi pilihan untuk proyek konstruksi berskala besar dan kecil.

Sayangnya, eksistensi besi tempa mulai meredup disebabkan oleh biaya dan perubahan teknik produksi. Jenis besi cor yang dijual dengan harga relatif lebih murah dipasaran sangat diminati oleh masyarakat.

Keuntungan dan Kekurangan Memilih Pagar Besi Tempa

Sebelum Anda memutuskan untuk memasang pagar besi tempa, ada baiknya mengetahui keuntungan dan kekurangannya. Sehingga sudah siap dengan semua konsekuensinya dan tidak kecewa.

Awet

Pagar besi tempa dipercaya lebih tahan terhadap korosi dibandingkan jenis besi cor. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan pagar besi sampai puluhan tahun. Karena risiko lapuk dihancurkan oleh karat lebih kecil.

Pagar besi tempa cocok untuk pemakaian outdoor, tidak mudah terpengaruh oleh panas matahari dan hujan.

Kuat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kandungan karbon pada besi tempa sangatlah rendah. Ini membuatnya sangat kokoh dan kuat. Tidak akan mudah patah dan penyok oleh berbagai macam benturan benda-benda berat sekalipun.

Tampak Elegan

Meskipun dikenal sebagai material yang kokoh, ternyata besi tempa mudah sekali dibentuk sesuai keinginan. Anda bebas menentukan desain pagar di rumah, bahkan dengan bentuk yang unik dan agak nyleneh sekalipun.

Harga Pagar Besi Tempa Mahal

Dibalik karakteristiknya yang tahan korosi, awet dan mudah dibentuk, besi tempa memiliki harga jual yang cukup mahal. Oleh karena itu, tidak semua orang menginginkannya sebagai pilihan utama.

Apabila Anda memang memiliki uang cukup, tidak ada ruginya memasang pagar besi tempa. Mengingat ini mampu bertahan hingga puluhan tahun dan membuat eksterior rumah semakin elegan.

Alasan Pagar Besi Tempa Cocok Untuk Rumah Klasik

Rumah klasik identik dengan motif-motif zaman dahulu yang cukup rumit untuk dibuat. Oleh sebab itu, besi tempa lebih cocok dipilih untuk membuat pagarnya karena mudah dibentuk. Anda bisa memiliki pagar yang dilengkapi motif-motif unik dan keren.

Selain alasan bisa dibuat berbagai macam motif, besi tempa juga berumur panjang. Keawetannya cocok dipadukan dengan rumah klasik yang akan dipertahankan selama berpuluh-puluh tahun kedepan.

Jika memilih besi cor, Anda perlu bolak-balik menggantinya. Agar lebih efisien, tidak masalah investasi diawal untuk membeli besi tempa yang umurnya lebih panjang.