Skip to main content

Order Sekarang

Silahkan order langsung via tombol Whatapps dan SMS di bawah ini, kami akan langsung merespond pesanan Anda. Gambar Kirim ke WhatsApp Kami 085214010116 Kalau susah di Telpn mohon WA saja pasti di balas. Sebutkan Nama :, Alamat :, Nama Barang :, Ukuran:

Pesan Sekarang SMS Sekarang
Cara Order [klik di sini]

Cara Pasang Wallpaper Dinding Rumah Sendiri Agar Hasilnya Bagus dan Rapi

Cara pasang wallpaper dinding rumah sejauh ini masih dianggap terlalu sulit dan ribet. Sehingga wajar jika hanya sedikit orang yang bersedia memasang wallpaper sendiri. Apakah Anda sekarang salah satunya?

Asalkan Anda ketahui, memasang wallpaper di tembok itu tidak serumit seperti apa yang dikatakan orang. Sebenarnya Anda juga bisa mendapatkan hasil bagus, rapi dan memuaskan. Syaratnya adalah Anda harus melakukannya dengan penuh hati-hati dan mengetahui langkah demi langkah yang benar.

Wallpaper adalah hiasan dinding yang sekarang ini semakin banyak diburu oleh orang. Dengan berbagai macam pilihan motif dan warna, Anda bisa memasang wallpaper di dinding kamar tidur, ruang tamu atau bahkan kamar mandi.

Jika tidak ingin memanggil jasa pemasangan wallpaper, simak ulasan ini sampai habis agar hasil yang didapat bagus dan memuaskan.

Cara Pasang Wallpaper Dinding Rumah Sendiri Agar Hasilnya Bagus dan Rapi

Cara Pasang Wallpaper Dinding Rumah Sendiri Dengan Mudah

1.    Siapkan peralatan

Sebelum memasang wallpaper tembok, sebaiknya Anda menyiapkan sejumlah peralatan berikut:
  • Alas plastik
  • Penggaris
  • Tangga
  • Cutter
  • Meteran
  • Pensil
  • Kuas lem
  • Benang dan pemberat
  • 2 ember adukan lem, 1 kecil dan 1 besar
  • Spons
  • Mica
  • Roller
  • Kape
  • Wallpaper
2.    Periksa dinding

Setelah semua persiapan selesai, cara pasang wallpaper dinding selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan ke setiap bagian yang ingin dipasangi. Sebagai langkah wal, coba cek apakah dinding Anda ada rembasan air dan mengalami kebocoran.  Jika ditemukan, segera lapisi dengan cat anti bocor.

Tembok yang lembab dan bocor membuat wallpaper dinding tidak bisa bertahan lama. Periksa juga apakah tembok jamuran atau tidak. Segera lapisi dengan cat anti jamur supaya nantinya tidak menyebar di wallpaper dinding.

Tambal jika ada dinding yang bolong-bolong dan ratakan apabila terdpat benjolan. Intinya, dinding Anda harus mulus.

3.    Membuat lem wallpaper

Lem adalah komponen penting yang sangat berpengaruh pada hasil pemasangan wallpaper. Wallpaper dinding bisa terpasang secara sempurna hanya dengan lem yang berkualitas. Tidak perlu membeli, karena Anda bisa membuatnya sendiri.

Disini kita membuat dua varian lem wallpaper. Pertama, silahkan ambil ember besar dan isi air secukupnya ( sesuaikan dengan banyak roll wallpaper ). Jika bingung, Anda bisa mencoba 3-5 liter. Pastikan Anda menggunakan air dingin. Aduk air dengan cepat dan taburkan bubuk lem perlahan.

Setelah dirasa berat dan kental, diamkan dahulu selama 10 menit. Sekarang ambil ember kecil, isikan air secukupnya. Taburkan bubuk lem dan buat adonan lem yang lebih kental dari sebelumnya. Lem kental ini akan dipakai pada sambungan dan sisi-sisi dinding.

4.    Mengukur dinding

Dinding sudah mulus dan lem selesai dibuat, maka tugas Anda sekarang adalah melakukan pengukuran. Cari tahu berapa lebar dan tinggi dinding yang akan dipasangi wallpaper. Setelah diketahui, sesuaikan dengan dengan wallpaper.

Pada umumnya, wallpaper memiliki lebar 0,5 meter. Misalkan dinding rumah Anda 6 meter, berarti membutuhkan 12 jalur wallpaper. 

5.    Memotong wallpaper

Cara pasang wallpaper dinding yang tidak kalah penting adalah proses pemotongan. Untuk menghindari kekeliruan, potonglah wallpaper 5-10 cm lebih daripada tinggi dinding.  Semisal tinggi dinding rumah Anda 4 meter, maka sebaiknya memotong wallpaper dengan ukuran 4.1 meter.

Tujuannya supaya wallpaper tidak menggantung. Nantinya, Kelebihan itu bisa dipotong dengan cutter. Jangan lupa juga memperhatikan motif wallpaper. Jangan memotong sembarangan, namun ikuti instruksi yang tersedia.

Seperti contoh, repeat after 15 cm. Itu berarti, potongan pada jalur ke-2 dilebihkan 15 cm supaya motif jalur pertama dan berikutnya pas. Begitupun dengan jalur 2 ke 3, jalur 3 ke 4 dan seterusnya.

Setelah wallpaper dipotong-potong, berikan tanda setiap jalur ingin dipasang dimana. Tambahkan benang dan pemberat di setiap wallpaper agar pemasangan bisa tegak  lurus secara sempurna.

6.    Ratakan lem di wallpaper

Siapkan lem wallpaper di ember besar, letakkan plastik di bawah potongan wallpaper. Pakai roller dan ratakan lem diatas wallpaper yang ingin ditempel. Lakukan secara perlahan, sampai lem meresap secara penuh di wallpaper.

7.    Menempel wallpaper

Cara pasang wallpaper berikutnya adalah proses menempelkan pada dinding. Jangan lupa untuk mengikuti setiap tanda yang sudah dibuat. Tempelkan wallpaper secara perlahan, sembari diratakan dengan Acrylic atau mika.

Sekarang ambil lem wallpaper yang ada di ember kecil. Oleskan pada sambungan wallpaper, kemudian pasang  di bagian kanan dan kiri  sampai sambungan tertutup secara menyeluruh.

8.    Cek kerapian

Sekarang kita masuk ke tahap akhir, yaitu mengecek kerapian wallpaper. Teliti setiap sudut dinding dan sambungan, pastikan semuanya sudah mengikuti jalur dan tertata dengan rapi. Potong setiap wallpaper yang berlebih.

Lihat Juga: Ini Dia Jasa Papan Tulis atau White Board Paling Recomended di Jabodetabek

Masih belum selesai, karena masih ada satu lagi cara pasang wallpaper agar lebih bagus. Ambil busa atau spons, basahkan dengan air, kemudian lap ke permukaan wallpaper secara menyeluruh. Bersihkan sampai tidak ada lem yang medonai wallpaper.

Sampai tahap ini sudah selesai.

Cara Pasang Wallpaper Dinding Rumah Sendiri Agar Hasilnya Bagus dan Rapi

Itu tadi adalah sedikit informasi tentang cara pasang wallpaper dinding rumah yang baik dan benar. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.